Minggu, 26 April 2009

Hijriyahku Sayang...

Jangankan orang non islam , banyak masyarakat islam sendiri kurang mengerti mengenai bulan hijriyah. Mungkin yang paling populer dan ada dalam ingatan kebanyakan orang islam adalah Bulan Puasa (bulan Romadlon), Lebaran idul fitri (bulan Syawal), Lebaran Haji (bulan Dzul Hijah), dan Tahun baru islam (Muharram). Yah lumayan paling tidak sudah 4 nama bulan yang familiar dalam benak kita. Nah sekarang coba kita tanya pada orang di sekitar kita, : " hari ini bulan hijriyahnya tanggal berapa ya?". Sebelum menjawab pasti mereka berpikir lama, berpikir bukan karena mengingat suatu hal yang mungkin telah dilupakannya, tetapi berpikirnya karena memang tidak tahu.
Saya jadi ingat ketika saya tanya pada teman saya, yang kebetulan adalah orang jawa dan umurnya memang lebih tua dari saya, bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih demikian: "Mas... kamu lahirnya hari apa? dia pun menjawab sesuai hari kelahirannya, "hari Selasa". saya kemudian bertanya: "sebagai orang jawa mas tau tidak weton mas? jawabnya: "tidak tahu", kemudian saya bertanya lagi: "terus kalau tanggal hijriyahnya tau mas", dia menjawab: " yah..apa lagi itu dek...?, he....yah mau gimana lagi.

Ya, mungkin itu adalah pertanyaan sederhana yang mana jawabannya tidak semua orang mengetahuinya (khususnya orang muslim sendiri).
Untuk mengetahui tanggal kelahiran anda (tanggal hijriyah), mungkin anda bisa gunakan aplikasi konversi hijriyah - masehi, silahkan download dulu ya...!!! semoga bermanfaat.
Photobucket atau disini Photobucket